Berikut Cara Merawat Pakaian Batik Lebih Awet


Batik memang selagi tren. Namun, bisa jadi belum banyak orang yang mengetahui jalan merawat pakaian batik semoga warnanya uniform awet. Dibawah ini sejumlah cara alternatif menjaga batik tajuk mahkota.

1. Tatkala mencucinya, gunakan sabun pembasuh khusus untuk kain batik yang besar dijual di pasaran.

2. Atau, cuci kain menggambar dengan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan shampo di larutan sampai tidak ada potongan yang mengental. Lalu, celupkan kain menggambar.

3. Menyikat batik pun bisa dengan menggunakan buah lerak / daun tanaman dilem yang sudah diredam air mencolok. Caranya, remas-remas buah rontok atau patera dilem sampai mengeluarkan pelembungan, lalu tambahkan air secukupnya, dan beres untuk membersihkan batik. Wewangian buah malang-melintang mampu menahan munculnya satwa kecil yang bisa merusak kain.

4. Saat mencuci batik, tidak pakai deterjen dan jangan digosok. Apabila batik tak terlalu nakal, cukup rendam di larutan hangat. Tetapi jika terlalu kotor, misalnya terkena rendah makanan, siap dihilangkan dengan sabun suci atau kulit jeruk. Caranya, cukup dengan mengusapkan sabun mandi / kulit sitrus di sesi yang dekil tadi.

5. Sebaiknya, tidak mencuci menulis dengan jentera cuci.

6. Saat dengan menjemurnya, batik yang bersimbah tak demi diperas. & jangan menjemurnya langsung di bawah cahaya matahari. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan lalu kering.

7. Saat menjemurnya, tarik bagian tepi menulis secara permulaan agar fiber serabut yang tersisih kembali di posisi serta.

8. Bahwa sudah dijemur, hindari menyetrika batik dengan langsung. Jika batik terlihat sangat kusut, semprotkan sedikit air dalam atas lampit batik kemudian letakan sehelai alas tiras di atasnya, baru diseterika.

9. Bila Anda ingin memberi pewangi atau pelembut kain di dalam batik tulis, jangan semprotkan langsung di dalam kainnya. Sebaiknya, tutupi dulu batik tulis dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadinya di untuk koran.

10. Jangan semprotkan parfum / minyak terbilang langsung ke tilam batik, bahkan batik sutera dengan pewarna alami.

11. Simpan batik kesayangan Engkau dalam plastik agar tak dimakan tawang-tawang. model baju batik Saat disimpan dalam lemari jangan diberi kapur barus, karena senyawa padat ini sangat lebat (hujan) dan siap merusak kulit daging.

12. Jalan lain semoga batik tak dimakan rengit, beri terbatas merica yang dibungkus urat di lemari tempat menyimpan batik. Ataupun, letakkan serai yang sungguh dua kali melalu proses pencelupan dalam uap panas dan dijemur sampai kering.